TANGGUNG
JAWAB SOSIAL DAN ETIKA MANAJEMEN
A. TANGGUNG
JAWAB SOSIAL (CORPORATE SOSIAL RESPONSBILITY )
1. Defenisi
CSR
a)
Menurut
Griffin CSR adalah usaha suatu bisnis menyeimbangkan komitmennya terhadap
kelompok dan individu dalam lingkungannya yang meliputi konsumen, bisnis
lainnya karyawan, investor, dan komunitas local.
b)
Menurut
Jeff Madura CSR adalah suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis
dapat mempengaruhi perusahaan.
c)
Berdasarkan pada Trinidad and Tobaco Bureau
of Standards (TTBS), Corporate Social Responsibility diartikan sebagai komitmen
usaha untuk bertindak etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk
peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup dari karyawan
dan keluarganya, komuniti lokal dan masyarakat secara lebih luas
(Budimanta,Prasetijo & Rudito, 2004, p.72).
d)
World Business Council for Sustainable
Development mendefiniskan Corporate Social Responsibility sebagai komitmen
berkelanjutan kalangan bisnis untuk berperilaku etis dan memberikan sumbangan
pada pembangunan ekonomi sekaligus memperbaiki mutu hidup angkatan kerja dan
keluarganya serta komunitas lokal dan masyarakat secara keseluruhan (Iriantara,
2004, p.49).
e)
CSR Forum mendefinikan Corporate
Social Responsibility sebagai bisnis yang dilakukan secara transparan dan
terbuka serta berdasarkan pada nilai-nilai moral dan menjunjung tinggi rasa
hormat kepada karyawan, komunitas dan lingkungan (Wibisono, 2007, p.8).
2. Pro dan Kontra CSR
NO
|
Pandangan kelompok yang
Pro terhadap CSR dari organisasi bisnis
|
NO
|
Pandangan kelompok yang
kontra terhadap CSR dari organisasi bisnis
|
1
|
Kegiatan bisnis sering
sekali menimbukan masalah, oleh karena itu sudah semestinya perusahaan
bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya
|
1
|
Perusahaan tidak memiliki
ahli yang mengkhususkan dalam bidang social dan kemasyarakatan, oleh karena
itu sulit bagi perusahaan bertanngung jawab.
|
2
|
Perusahaan adalah bagian
dari masyarakat , oleh karena itu sudah semestinya ikut berpartisipasi dan
bertanggung jawab atas apa yang terjadi di masyarakat
|
2
|
Perusahaan yang ikut
berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam lingkungn masyarakat justru akan memiliki kekuatan untuk
mengontrol masyarakat dan itu indikasi yang kurang baik secara social
|
3
|
Perusahaan biasanya
memiliki sumber daya untuk menyelesaikan masalah di lingkungan masyarakat
|
3
|
Akan banyak terdapat
konflik kepentingan dari masyarakat jika perusahaan terlihat dalam aktivitas
sosial
|
4
|
Perusahaan adalah partner
lingkungan social kemasyarakatan, sebagaimana halnya juga pemerintah dan
masyarakat lain pada umumnya
|
4
|
Tujuan perusahaan bukan
untuk motif social, akan tetapi untuk memperoleh profit dan mencapai tujuan
yang diharapkan oleh para pemilik perusahaan
|
3.
Mengelola
CSR dari perusahaan
reaktif : Akomodatif
:
cenderung menolak melakukan tanggung jawab sosial
Rendah
Tanggung Jawab Sosial Tinggi
|
Defensif : Proaktif
:
Cenderung membela diri mengambil
inisiatif dalam
Dalam menghindari tanggung jawab
sosial
tanggung jawab social membentuk model industry
yang bertanggung jawab social
4. Tanggung
jawab terhadap pihak yang berkepentingan dalam organisasi
5.
Manfaat
CSR
B.
ETIKA BISNIS
1. Defenisi
Etika bisnis
a) Menurut
Griffin, etika bisnis adalah perilaku etis dan tidak etis yang dilakukan oleh
manajer atau pemilik suatu organisasi
b) Menurut
Jeff Madura, etika bisnis adalah suatu
rangkaian prinsip yang harus diikuti apabila menjalankan bisnis.
2. Ada
3 jenis konflik nilai yang terdapat dalam perusahaan yaitu :
a) Konflik intrapersonal ( didalam individu dan antar
individu )
b) Konflik individu – organisasi (
c) Konflik antarbudaya
3. Mengukur
etika manajemen yaitu :
a) Mengumpulkan
informasi factual yang relevan ( data gathering )
b) Manganalisis
fakta – fakta untuk menentukan nilai moral yang paling tepat ( analysis )
c) Melakukan
penilaian etis berdasarkan kebenaran terhadap aktivitas / kebijakan yang akan
dinilai tersebut.
4. Mendorong
pelaksanaan etika dalam manajemen
a) Pelatihan
etika (ethics training )
b) Advokasi
etika ( ethical advocates ) adalah upaya perusahaan untuk menjalankan etika
dalam kegiatanya dengan cara menempatkan orang atau tim khusus dalam tim manajemen
perusahaan yan bertugas untuk mengontrol dan mengawasi segala kegiatan
perusahaan agar tetap mmenuhi standar – standar etika
c) Menerapkan
kode etik tertulis ( code of ethics ),menetapkan
standar aturan mengenai aturan mengenai etika yang harus dijalankan oleh
perusahaaan
d) Memberlakukan
program etika
e) Melibatkan
public dalam etika manjemen perusahaan
5. Etika
manajerial
a) Standart
perilaku yang memeandu manajer dalam pekerjaan mereka
b) Perilaku
terhadap karyawan
c) Perilaku
terhadap organisasi
d) Perilaku
terhadap agen ekonomi lainnya ( primary agen of interest ) seperti,
pelanggan,pemasok, pesaing, pemegang saham, penyalur, serikat buruh
Daftar
pustaka
Ernie Trisnawati
Sule,2010, Pengantar Manajemen,cetakan ke -5. PT Kencana Media Group,
Jakarta
0 comments:
Posting Komentar