PEMASARAN
DALAM DUNIA YANG BERUBAH
MENCIPTAKAN
NILAI DAN KEPUASAN PELANGGAN
PEMASARAN
Pemasaran
adalah suatu proses social dan manajerial yang membuat individu dan kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan,lewat penciptaan dan
pertukaran timbale balik produk dan nilai bagi orang lain.
Dua
tujuan utama pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai
superior dan mempertahankan pelanggan saat ini dengan memberikan kepuasan.
Menciptakan
nilai dan kepuasan pelanggan meupakan inti pemikiran dari pemasaran.
KEBUTUHAN,KEINGINAN
DAN PERMINTAAN
Kebutuhan
(needs) manusia adalah pernyataan dari perasaan kekurangan. Kebutuhan meliputi
kebutuhan fisik dasar akan makanan, pakaian, kehangatan, dan rasa aman;
kebutuhan social akan rasa memiliki dan kasih saying, serta kebutuhan
individual akan pengetahuan dan ekspresi diri. Kebutuhan – kebutuhan ini tidak diciptakan
oleh pemasar, mereka merupakan bagian mendasar dari diri manusia.
Keinginan
(wants) adalah kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian seseorang. Keinginan digambarkan dalam bentuk objek yang
akan memuaskan kebutuhan.
Permintaan
(demands) adalah keinginan manusia yang didukung oleh daya beli. Dengan
keinginan dan sumber daya manfaat yang member kepuasan terbesar.
Dengan
memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan secara detail
memberikan masukan yang penting untuk merancang strategi pemasaran.
PRODUK
DAN JASA
Produk
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan,
digunakan, dimiliki, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan atau
keinginan. Produk mencakup objek fisik, jasa, orang, tempat organisasi, dan
gagasan.
Jasa
merupakan segala aktivitas atau manfaat yang dapat ditawarkan oleh suatu kelompok kepada orang lainnya,
yang pada dasarnya tidak nyata dan tidak berakibat pada kepemilikan apapun.
NILAI,
KEPUASAN, DAN MUTU
Konsumen
membuat pilihan pembelian berdasarkan persepsi mereka terhadap nilai yang
melekat pada berbagai produk dan jasa.
Nilai
pelanggan (customer value) merupakan selisih antara nilai yang diperoleh
pelanggan dengan memiliki dan menggunakan suatu produk dengan biaya yang
dikeluarkan untuk memperolehnya.
Kepuasan
pelanggan (customer satisfaction) merupakan suatu tingkatan dimana perkiraan kinerja
produk sesuai dengan harapan pembeli. Jika kinerja produk lebih rendah dari
harapan pelanggan, pembeli tidak terpuaskan. Jika kinerja melebihi yang
diharapkan, pembeli lebih senang.
Manajemen
mutu total (total quality management) merupakan suatu program yang dirancang
untuk memperbaiki produk, jasa, dan proses pemasaran secara terus menerus. The
American Society for Quality Control (lembaga pengendalian mutu di AS)
mendefinisikan mutu sebagai sifat dan karakteristik total dari sebuah produk
atau jasa yang berhubungan dengan kemampuannya memuaskan kebutuhan pelanggan.
PERTUKARAN,
TRANSAKSI, DAN HUBUNGAN
Pertukaran
(exchange) adalah suatu tindakan untuk memperoleh objek yang diharapkan dari
sesorang denagn menawarkan sesuatu sebagai pengganti. Pertukaran merupakan
konsep inti pemasaran.
Transaksi
merupakan perdadangan antara dua pihak yang melibatkan: paling sedikit dua
bentuk nilai, persetujuan mengenai kondisi, waktu, dan tempat. Transaksi adalah
unit ukuran pemasaran.
Hubungan
pemasaran (relationship marketing) merupaka proses menciptakan, memelihara dan
meningkatkan hubungan timbal balik dengan pelanggan dan pihak yang
berkepentingan. Jaringan pemasaran (marketing network) terdiri dari perusahaan
itu dan semua pemegang resiko yang mendukungnya: pelanggan, karyawan, pemasok,
distributor, pengecer, agen iklan, dll, yang dengannya perusahaan telah
membangun hubungan bisnis yang menguntungkan. Prinsip yang dipergunakan
sedrhana yaitu: bangunlah jaringan yang baik dalam hubungan dengan pemegang resiko
utama, dan laba akan mengikutinya.
PASAR
Pasar
(market) adalah seperangkat pembeli aktual dan potensial dari sebuah produk
atau jasa.
0 comments:
Posting Komentar