Minggu, 24 November 2013

Posted by Rivy at 12.39
PEMASARAN DALAM DUNIA YANG BERUBAH
MENCIPTAKAN NILAI DAN KEPUASAN PELANGGAN

PEMASARAN
Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan,lewat penciptaan dan pertukaran timbale balik produk dan nilai bagi orang lain.
Dua tujuan utama pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior dan mempertahankan pelanggan saat ini dengan memberikan kepuasan.
Menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan meupakan inti pemikiran dari pemasaran.

KEBUTUHAN,KEINGINAN DAN PERMINTAAN
Kebutuhan (needs) manusia adalah pernyataan dari perasaan kekurangan. Kebutuhan meliputi kebutuhan fisik dasar akan makanan, pakaian, kehangatan, dan rasa aman; kebutuhan social akan rasa memiliki dan kasih saying, serta kebutuhan individual akan pengetahuan dan ekspresi diri.  Kebutuhan – kebutuhan ini tidak diciptakan oleh pemasar, mereka merupakan bagian mendasar dari diri manusia.
Keinginan (wants) adalah kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian  seseorang.  Keinginan digambarkan dalam bentuk objek yang akan memuaskan kebutuhan.
Permintaan (demands) adalah keinginan manusia yang didukung oleh daya beli. Dengan keinginan dan sumber daya manfaat yang member kepuasan terbesar.

Dengan memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pelanggan secara detail memberikan masukan yang penting untuk merancang strategi pemasaran.

PRODUK DAN JASA
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, digunakan, dimiliki, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan. Produk mencakup objek fisik, jasa, orang, tempat organisasi, dan gagasan.
Jasa merupakan segala aktivitas atau manfaat yang dapat ditawarkan  oleh suatu kelompok kepada orang lainnya, yang pada dasarnya tidak nyata dan tidak berakibat pada kepemilikan apapun.

NILAI, KEPUASAN, DAN MUTU
Konsumen membuat pilihan pembelian berdasarkan persepsi mereka terhadap nilai yang melekat pada berbagai produk dan jasa.
Nilai pelanggan (customer value) merupakan selisih antara nilai yang diperoleh pelanggan dengan memiliki dan menggunakan suatu produk dengan biaya yang dikeluarkan untuk memperolehnya.
Kepuasan pelanggan (customer satisfaction) merupakan suatu tingkatan dimana perkiraan kinerja produk sesuai dengan harapan pembeli. Jika kinerja produk lebih rendah dari harapan pelanggan, pembeli tidak terpuaskan. Jika kinerja melebihi yang diharapkan, pembeli lebih senang.
Manajemen mutu total (total quality management) merupakan suatu program yang dirancang untuk memperbaiki produk, jasa, dan proses pemasaran secara terus menerus. The American Society for Quality Control (lembaga pengendalian mutu di AS) mendefinisikan mutu sebagai sifat dan karakteristik total dari sebuah produk atau jasa yang berhubungan dengan kemampuannya memuaskan kebutuhan pelanggan.

PERTUKARAN, TRANSAKSI, DAN HUBUNGAN
Pertukaran (exchange) adalah suatu tindakan untuk memperoleh objek yang diharapkan dari sesorang denagn menawarkan sesuatu sebagai pengganti. Pertukaran merupakan konsep inti pemasaran.
Transaksi merupakan perdadangan antara dua pihak yang melibatkan: paling sedikit dua bentuk nilai, persetujuan mengenai kondisi, waktu, dan tempat. Transaksi adalah unit ukuran pemasaran.
Hubungan pemasaran (relationship marketing) merupaka proses menciptakan, memelihara dan meningkatkan hubungan timbal balik dengan pelanggan dan pihak yang berkepentingan. Jaringan pemasaran (marketing network) terdiri dari perusahaan itu dan semua pemegang resiko yang mendukungnya: pelanggan, karyawan, pemasok, distributor, pengecer, agen iklan, dll, yang dengannya perusahaan telah membangun hubungan bisnis yang menguntungkan. Prinsip yang dipergunakan sedrhana yaitu: bangunlah jaringan yang baik dalam hubungan dengan pemegang resiko utama, dan laba akan mengikutinya.

PASAR
Pasar (market) adalah seperangkat pembeli aktual dan potensial dari sebuah produk atau jasa.   


0 comments:

Posting Komentar

 

BLUE BUTTERFLY Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting