Minggu, 22 Oktober 2017

CONTOH SOAL MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL

Posted by Rivy at 15.40
SOAL MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL
Misalnya, Anda seorang warga Negara Amerika yang baru saja kembali dari Canada. Harga Dollar Canada (C$) adalah 70 sen. Pulang dari perjalanan tersebut, ada masih memiliki C$ 200 (Canada Dollar). Di airport tersebut money changers akan membeli dengan harga 60 sen. Namun minggu depan, Anda akan melakukan perjalanan ke meksiko dan memerlukan mata uang Peso dengan harga 10 sen/peso. Kebetulan di airport Anda bertemu dengan turis dari Meksiko dan akan melakukan perjalanan ke Canada dan menawarkan kepada Anda sebesar 1300 Peso. Apakah Anda bersedia menerima tawaran turis tersebut atau menukarkan dollar yang anda miiki di Airport?
Jawaban :
Diketahui
1 C$ = $0.70 (kurs jual)
1 C$ = $0.60 (kurs beli)
1 Peso = $0.10, jadi 1$ =1/$0.10 è1$= 10 Peso
Misalnya di tukar ke Money Changer di Airport:
Kepunyaan saya C$ 200 (Canada Dollar)         è $ 120
                              $ 120 (Amerika Dollar)      è 1200 Peso
KURS SILANG
NILAI C$ dalam Peso = $0.70/$0.10
1C$ = 7 Peso
Nilai Peso dalam C$ =$0.10/$0.70
1 Peso = 0.142 C$
Misalnya di tukar ke Money Changer di Airport
Kepunyaan turis 1300 Peso      è C$ 184,6
Kesimpulan : Jika saya menukar 200 C$ dengan US$  di money changer maka akan menghasilkan $120. Seminggu kemudian menukarnya dengan mata uang Meksiko menjadi 1200 Peso. Maka saya akan memilih menukarkan uang ke Turis, karena saya mendapatkan untung sebesar 100  Peso dan Turis mendapatkan untung sebesar C$ 15.4 Apabila di money changer bisa langsung menukar mata uang Meksiko (Peso),maka saya akan memilih menukarkan uang di money changer. Sebab, jumlah uang Peso yang saya terima lebih besar dari yang ditawarkan Turis. Yaitu sebesar 200 C$ x 7 = 1400 Peso.

0 comments:

Posting Komentar

 

BLUE BUTTERFLY Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting