Kamis, 05 Desember 2013

MEDIA SOSIAL

Posted by Rivy at 09.37

1.      Pengertian media sosial
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

a.      Klasifikasi media sosial
Ø  Proyek Kolaborasi : Website mengijinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten – konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia
Ø  Blog dan microblog : User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. contohnya twitter
Ø  Konten : para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain. contohnya youtube
Ø  Situs jejaring sosial : Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto. contoh facebook
Ø  Virtual game world : Dunia virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game online.
Ø  Virtual social world : Dunia virtual yang dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan, contohnya second life.
b.     Perkembangan dari Media Sosial itu sendiri sebagai berikut :
Ø  1978 Awal dari penemuan Sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik , ataupun mengunggah dan mengunduh Perangkat lunak , semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem
Ø  1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
Ø  1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
Ø  1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
Ø  2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
Ø  2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
Ø  2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
Ø  2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
Ø  2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
Ø  2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
Ø  2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
No
Nama situs
Jumlah member
1
facebook
250.000.000
2
myspace
122.000.000
3
twitter
80.500.000
4
linkedin
50.000.000
5
ning
42.000.000
2.      Pengertian Facebook
Facebook.svg   Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.

Penggunaan aktif
Tanggal
Pengguna
(juta)
Jeda hari
Pertumbuhan bulanan]
26 Agustus 2008
100
1.665
178.38%
8 April 2009
200
225
13.33%
15 September 2009
300
160
9.38%
5 Februari 2010
400
143
6.99%
21 Juli 2010
500
166
4.52%
5 Januari 2011
600
168
3.57%
30 Mei 2011
700]
145
3.45%
22 September 2011
800
115
3.73%
24 April 2012
900
215
1.74%
Facebook memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara. Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg memiliki 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%,[83] Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 - 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group kurang dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti masing-masing memiliki kurang dari 1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D'Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, sementara Reid Hoffman dan Mark Pincus memiliki kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dimiliki oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing. Adam D'Angelo, kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008. Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia tidak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan ini.
Pada 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Association dengan nilai yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau mengumumkan "pendapatan penjualan ranah" sebesar US$8,5 juta, sehingga pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal sepanjang sejarah.
a.       Statistik penggunaan facebook
http://yasiralkaf.files.wordpress.com/2010/05/050810_0656_statistikpe2.png?w=630   
Berdasarkan data statistik ternyata mayoritas pengguna Facebook masih single [jomblo] yaitu sejumlah 6.436.080 orang. Sementara untuk yang sudah dan sedang belajar pacaran ada 3.229.160 orang, yang sudah bertunangan ada 843.620 orang dan sisanya sejumlah 2.751.700 orang menyatakan diri sudah menikah. Dengan demikian urutan relationship dari yang terbanyak di Facebook adalah Single – Pacaran – Menikah – Tunangan.
Yang menarik, seperti yang terlihat di atas adalah, 64% pengguna Facebook yang pria masih single. Jadi ayo para wanita yang masih single, kesempatan kalian masih besar. Siapa tahu jodoh kalian ada di Facebook kalian. Nah untuk pria baru agak sulit karena wanita Indonesia yang masih single hanya ada 44% saja. Para pria jadi sedikit lebih berkurang peluangnya untuk mendapatkan teman kencan di Facebook. Tapi untuk para wanita harap hati-hati. Walaupun di statistik ada 64% pria yang masih single siapa tahu mereka hanya memasang status palsu, jadi pastikan baik-baik kalau ingin mencari jodoh di Facebook. Jangan sampai nanti kalian diculik seperti peritiwa yang terjadi beberapa waktu yang lalu.
b.      Motivasi menggunakan jejaringan sosial
Motivasi adalah keinginan dari diri individu yang mendorong untuk bertindak sesuatu. Moekijat (2001) membedakan motivasi dalam dua kelompok, yakni motivasi intrinsic dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri individu, sedangkan motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang timbul karena adanya pengaruh dari luar. Hal ini berarti bahwa motivasi dapat dibentuk dari dalam dan adanya pengaruh dari luar. Mengacu dari teori diatas, motivasi ekstrinsik sangat besar pengaruhnya dalam proses pembuatan Social Networking . Sebagian besar pembuatan Social Networking dikarenakan ikut-ikutan teman yang telah terlebih dahulu membuat situs Social Networking juga. Sedangkan motivasi intrinsik pada remaja merupakan motivasi dan suatu keinginan yang kuat bagi para remaja untuk menjadi popular di kalangan teman sebayanya.



                                                                                                  
                                                  
1)    Motif Informasi (Surveillance) yang lebih cenderung mengarah kepada keinginan pengguna untuk mencari informasi, seperti mengetahui berbagai informasi mengenai semua informasi yang berkaitan dengan perkembangan di Indonesia maupun Internasional.
2)    Motif Identitas Pribadi (Personal Identity) yaitu pengguna yang diharapkan bisa mengeksplorasi semua potensi, kemampuan, bakat, citra diri, kepercayaan diri, dan nilai-nilai positif yang dimiliki pengguna untuk dijadikan acuan dalam berperilaku dan bersikap di lingkungan masyarakat dengan baik. Karena umumnya para pengguna mencari nilai-nilai pribadi mereka sesame pengguna.
3)    Motif Integrasi dan Interaksi Sosial (Personal Relationship) dengan adanya pengguna dijadikan acuan untuk membina hubungan baik dengan sesame pengguna, misalnya : mempererat hubungan dengan orang lain dengan jalan menambah teman-teman yang dikenal atau melalui referensi teman lainnya.
4)      Motif Hiburan (Diversi) pengguna berusaha untuk mengemas lebih santai sehingga pemenuhan kebutuhan akan motif hiburan (Diversi) itu bisa terpenuhi dan dapat pula untuk menambah mengisi waktu istirahat sehingga ketika akan melakukan aktivitas menjadi lebih semangat.

c.       Alasan menggunakan sosial networking
No
Alasan Menggunakan Sosial Networking
Jumlah
1
Mengirim Pesan
50
2
Mencari Pekerjaan
5
3
Mempromosikan Produk
4
4
Popularitas
45
5
Games
50
6
Fun / bersenang-senang
50
7
Pertemanan / komunitas
50
8
Diskusi
50
9
Mencari informasi
50
10
Lainnya
10

d.      Kasus - kasus yang terjadi dalam facebook
Dalam pertemanan melalui facebook sering kali terjadi tindakan – tindakan yang tidak kita inginkan. Seperti kasus – kasus yang terjadi melalui facebook antara lain penipuan, penculikan, pelecehan melalui status dan pembunuhan, pemerkosaan dll. Salah satu contoh yang akan kami bahas yaitu pacaran melalui facebook. Kasus ini kami ambil dari salah satu teman kami.
e.      Tips-tips perkenalan melalui facebook
Ø   


0 comments:

Posting Komentar

 

BLUE BUTTERFLY Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting