1.
Pengertian media sosial
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa
dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum
dan dunia
virtual. Blog,
jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
a.
Klasifikasi media sosial
Ø Proyek
Kolaborasi : Website
mengijinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten –
konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia
Ø Blog dan
microblog : User lebih
bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun
mengkritik kebijakan pemerintah. contohnya twitter
Ø Konten : para user dari
pengguna website ini saling meng-share konten – konten media, baik seperti
video, ebook, gambar, dan lain – lain. contohnya youtube
Ø Situs jejaring
sosial : Aplikasi yang
mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi
sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti
foto – foto. contoh facebook
Ø Virtual game
world : Dunia virtual,
dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk
avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya
di dunia nyata. contohnya game
online.
Ø Virtual social
world : Dunia virtual
yang dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual
game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih
bebas, dan lebih ke arah kehidupan, contohnya second life.
b.
Perkembangan dari Media Sosial itu sendiri sebagai
berikut :
Ø 1978 Awal dari penemuan Sistem papan
buletin yang
memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik , ataupun
mengunggah dan mengunduh Perangkat lunak , semua ini
dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem
Ø 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani
Web
Hosting yaitu layanan
penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di
akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari
berdirinya website - website lain.
Ø 1997 Muncul situs jejaring
sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun
sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga
merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap
lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
Ø 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat
halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi
ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini
menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
Ø 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi
booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
Ø 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga
berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin
berkembang.
Ø 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam
menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user
friendly.
Ø 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat
ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota
terbanyak.
Ø 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya,
karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya
di batasi 140 karakter.
Ø 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali
diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini
diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh
dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
Ø 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya
yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada
orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara
umum.
No
|
Nama
situs
|
Jumlah
member
|
1
|
facebook
|
250.000.000
|
2
|
myspace
|
122.000.000
|
3
|
twitter
|
80.500.000
|
4
|
linkedin
|
50.000.000
|
5
|
ning
|
42.000.000
|
2.
Pengertian Facebook

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman
sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas
Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris
Hughes. Keanggotaan
situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas
ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas
Stanford. Situs ini
secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum
dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang
berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei
2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan
5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs
ini.
Penggunaan
aktif
|
Facebook memiliki lebih dari 1.700
karyawan dan kantor di 12 negara. Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg memiliki 24%
saham perusahaan, Accel
Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%,[83] Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 - 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group kurang dari 0.5%, sekelompok kecil
karyawan dan bekas karyawan serta selebriti masing-masing memiliki kurang dari
1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D'Angelo, Chris
Hughes, dan Owen
Van Natta, sementara Reid
Hoffman dan Mark
Pincus memiliki
kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dimiliki oleh
karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing. Adam D'Angelo, kepala bidang
teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008. Beberapa
laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia tidak lagi
tertarik dengan kepemilikan perusahaan ini.
Pada 15 November 2010, Facebook
mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Association dengan nilai
yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau mengumumkan
"pendapatan penjualan ranah" sebesar US$8,5 juta, sehingga pembelian
FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal sepanjang sejarah.
a.
Statistik penggunaan facebook

Berdasarkan data statistik ternyata mayoritas pengguna
Facebook masih single [jomblo] yaitu sejumlah 6.436.080 orang. Sementara untuk
yang sudah dan sedang belajar pacaran ada 3.229.160 orang, yang sudah
bertunangan ada 843.620 orang dan sisanya sejumlah 2.751.700 orang menyatakan
diri sudah menikah. Dengan demikian urutan relationship dari yang terbanyak di
Facebook adalah Single – Pacaran – Menikah – Tunangan.
Yang menarik, seperti yang terlihat di atas adalah, 64%
pengguna Facebook yang pria masih single. Jadi ayo para wanita yang masih single,
kesempatan kalian masih besar. Siapa tahu jodoh kalian ada di Facebook kalian.
Nah untuk pria baru agak sulit karena wanita Indonesia yang masih single hanya
ada 44% saja. Para pria jadi sedikit lebih berkurang peluangnya untuk
mendapatkan teman kencan di Facebook. Tapi untuk para wanita harap hati-hati.
Walaupun di statistik ada 64% pria yang masih single siapa tahu mereka hanya
memasang status palsu, jadi pastikan baik-baik kalau ingin mencari jodoh di
Facebook. Jangan sampai nanti kalian diculik
seperti peritiwa yang terjadi beberapa waktu yang lalu.
b.
Motivasi menggunakan jejaringan sosial
Motivasi
adalah keinginan dari diri individu yang mendorong untuk bertindak sesuatu.
Moekijat (2001) membedakan motivasi dalam dua kelompok, yakni motivasi
intrinsic dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik merupakan motivasi yang berasal
dari dalam diri individu, sedangkan motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang
timbul karena adanya pengaruh dari luar. Hal ini berarti bahwa motivasi dapat
dibentuk dari dalam dan adanya pengaruh dari luar. Mengacu dari teori diatas,
motivasi ekstrinsik sangat besar pengaruhnya dalam proses pembuatan Social Networking . Sebagian besar pembuatan Social Networking dikarenakan ikut-ikutan teman yang telah terlebih
dahulu membuat situs Social Networking juga. Sedangkan motivasi
intrinsik pada remaja merupakan motivasi dan suatu keinginan yang kuat bagi para
remaja untuk menjadi popular di kalangan teman sebayanya.
1) Motif Informasi (Surveillance) yang
lebih cenderung mengarah kepada keinginan pengguna untuk mencari informasi, seperti
mengetahui berbagai informasi mengenai semua informasi yang berkaitan dengan
perkembangan di Indonesia maupun Internasional.
2) Motif Identitas Pribadi (Personal
Identity) yaitu pengguna yang diharapkan bisa mengeksplorasi semua potensi,
kemampuan, bakat, citra diri, kepercayaan diri, dan nilai-nilai positif yang
dimiliki pengguna untuk dijadikan acuan dalam berperilaku dan bersikap
di lingkungan masyarakat dengan baik. Karena umumnya para pengguna
mencari nilai-nilai pribadi mereka sesame pengguna.
3) Motif Integrasi dan Interaksi Sosial (Personal
Relationship) dengan adanya pengguna dijadikan acuan untuk membina hubungan
baik dengan sesame pengguna, misalnya : mempererat hubungan dengan orang lain
dengan jalan menambah teman-teman yang dikenal atau melalui referensi teman
lainnya.
4) Motif Hiburan (Diversi) pengguna
berusaha untuk mengemas lebih santai sehingga pemenuhan kebutuhan akan motif
hiburan (Diversi) itu bisa terpenuhi dan dapat pula untuk menambah
mengisi waktu istirahat sehingga ketika akan melakukan aktivitas menjadi lebih
semangat.
c. Alasan menggunakan sosial networking
No
|
Alasan Menggunakan Sosial Networking
|
Jumlah
|
1
|
Mengirim
Pesan
|
50
|
2
|
Mencari
Pekerjaan
|
5
|
3
|
Mempromosikan
Produk
|
4
|
4
|
Popularitas
|
45
|
5
|
Games
|
50
|
6
|
Fun /
bersenang-senang
|
50
|
7
|
Pertemanan
/ komunitas
|
50
|
8
|
Diskusi
|
50
|
9
|
Mencari
informasi
|
50
|
10
|
Lainnya
|
10
|
d.
Kasus
- kasus yang terjadi dalam facebook
Dalam pertemanan melalui facebook sering kali terjadi tindakan – tindakan
yang tidak kita inginkan. Seperti kasus – kasus yang terjadi melalui facebook
antara lain penipuan, penculikan, pelecehan melalui status dan pembunuhan,
pemerkosaan dll. Salah satu contoh yang akan kami bahas yaitu pacaran melalui
facebook. Kasus ini kami ambil dari salah satu teman kami.
e.
Tips-tips
perkenalan melalui facebook
Ø
0 comments:
Posting Komentar