Sabtu, 28 April 2012

Posted by Rivy at 21.14

Konsep Dasar Manajemen Bisnis
A.    Menurut Griffin (2002),organisasi adalah a group of people working together and coordinated fashion to achieve a set of goals.
B.     Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.
C.     Organisasi bisnis adalah sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan untuk meraih profit dalam kegiatan bisnisnya,sehingga mereka berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja sama di dalam organisasi tsb.
D.    Jenis-jenis Organisasi
1)      Organisasi Profit
§  Perusahaan Besar
§  Perusahaan manufaktur, Bank Umum, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Ritel, dll
§  Perusahaan Kecil
§  Koperasi
§  Perusahaan Multinasional,dll
2)      Organisasi Non Profit/Nirlaba
§  Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota
§  Lembaga Pendidikan Negeri
§  Yayasan Sosial,dll
E.     Menurut Griffin bahwa organisasi memiliki berbagai sumber daya,seperti :
a)      sumber daya manusia(human resources),
b)      sumber daya alam (natural resources),
c)      sumber daya dana (financial resources)atau keuangan (funds),dan
d)     sumber daya informasi ( information resources)
F.      Manajemen diperlukan ketika terdapat sekumpulan orang-orang yang pada umumnya memiliki karakteristik perbedaan dan sejumlah  sumber daya yang harus dikelola agar tujuan sebuah organisasi dapat tercapai.
G.    Menurut Mary Parker Foller (1997),manajemen adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain(management is the art of getting things done though people).
H.    Menurut Nickels,McHugh and McHugh(1997),manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan,pengorganisasian,pengarahan,pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.(the process used to accomplish organizational goals though planning,organizing,directing,and controlling people and other organizational resource.
I.        Menurut Chuck Williams (2001),manajemen adalah menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
J.        Menurut Murti Sumarni dan John Soeprihanto (1995), manajemen merupakan suatu proses yang terdiri atas kegiatan-kegiatan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain.
K.    Menurut James AF Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
L.     Menurut Luther Gullick, manajemen adalah suatu ilmu (science).
M.   Menurut  Karthryn M. Bartol dan David C. Marten, manajemen adalah proses untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan melakukan kegiatan-kegiatan dari empat fungsi utama yaitu merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), memimpin (leading), dan mengendalikan (controlling).
N.    Tahapan-tahapan organisasi bisnis :
1)      Perencanaan,
2)      Pengorganisasian
3)      Pelaksanaan
4)      Pengawasan,dan
5)      Pengendalian
O.    Tiga factor yang mempengaruhi :
1)      Adanya penggunaan sumber daya organisasi,sumber daya manusia,sumberdaya alam,sumber daya keuangan,serta informasi
2)      Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan.
3)      Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan
P.      Peran manajemen dalam organisasi : efektif dan efisien. Menurut Peter F.Drucker, efektif adalah mengerjakan pekerjaan yang benar (doing the right things),sedangkan efisien adalah mengerjakan pekerjaan dengan benar ( doing things right).
Q.    Fungsi-fungsi manajemen menurut Nickels,McHugh and McHUgh (1997):
1)      Perencanaan(planning),yaitu proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecendrungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
2)      Pengorganisasian(organizing),yaitu proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didisain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh,system dan lingkungan organisasi yang kondusif,dan bisa membuktikan bahwa semua pihak dalam organisasi bisa bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
3)      Pengarahan dan pengimplementasian (directing), yaitu proses implementasi program agar bias dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi.
4)      Pengendalian dan pengawasan (controlling), yaitu proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,  diorganisasikan, dan diimplementasikan bias berjalan sesuai target.
R.     Ernest dale mengungkapkan bahwa inovasi merupan salah satu fungsi manajemen.
S.      Gullick berpendapat bahwa koordinasi merupakan fungsi yang harus dilakukan oleh orang-orang dalam organisasi.
T.      Kegiatan-kegiatan dalam fungsi manajemen:
Fungsi perencanaan (planning)
1)      Menetapkan tujuan dan target bisnis
2)      Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tsb
3)      Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan
4)      Menetapkan standar/indicator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
Fungsi pengorganisasian (organizing)
a)      Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan
b)      Menetapkan struktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
c)      Kegiatan perekrutan,penyeleksian,pelatiahan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja
d)     Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat

Fungsi pengimplementasian (directing)
a)      Mengimplementasikan proses kepemimpinan,pembimbingan,dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
b)      Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
c)      Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
Fungsi pengawasan (controlling)
1)      Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indicator yang telah ditetapkan
2)      Mengambil langkah klasifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin di temukan
3)      Melakukan berbagai alternative solusi atas masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
Daftar pustaka
Ernie Trisnawati Sule,2010, Pengantar Manajemen,cetakan ke -5. PT Kencana Media Group, Jakarta

0 comments:

Posting Komentar

 

BLUE BUTTERFLY Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting