Konsep Dasar Manajemen Bisnis
A. Menurut
Griffin (2002),organisasi
adalah a group of people working together and coordinated fashion to achieve a
set of goals.
B. Organisasi
adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi
tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.
C. Organisasi
bisnis adalah sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan untuk meraih
profit dalam kegiatan bisnisnya,sehingga mereka berupaya untuk mewujudkan
tujuannya tersebut melalui kerja sama di dalam organisasi tsb.
D. Jenis-jenis Organisasi
1) Organisasi
Profit
§ Perusahaan
Besar
§ Perusahaan manufaktur, Bank Umum,
Perusahaan Asuransi, Perusahaan Ritel, dll
§ Perusahaan
Kecil
§ Koperasi
§ Perusahaan
Multinasional,dll
2)
Organisasi Non Profit/Nirlaba
§ Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota
§ Lembaga
Pendidikan Negeri
§ Yayasan
Sosial,dll
E. Menurut
Griffin bahwa organisasi memiliki berbagai sumber daya,seperti :
a)
sumber daya manusia(human resources),
b) sumber
daya alam (natural resources),
c) sumber
daya dana (financial resources)atau keuangan (funds),dan
d) sumber
daya informasi ( information resources)
F. Manajemen
diperlukan ketika terdapat sekumpulan orang-orang yang pada umumnya memiliki
karakteristik perbedaan dan sejumlah
sumber daya yang harus dikelola agar tujuan sebuah organisasi dapat
tercapai.
G. Menurut
Mary Parker Foller (1997),manajemen
adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain(management is the
art of getting things done though people).
H. Menurut
Nickels,McHugh and McHugh(1997),manajemen
adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui
rangkaian kegiatan berupa perencanaan,pengorganisasian,pengarahan,pengendalian
orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya.(the process used to
accomplish organizational goals though planning,organizing,directing,and
controlling people and other organizational resource.
I. Menurut Chuck Williams (2001),manajemen adalah menyelesaikan pekerjaan
melalui orang lain.
J. Menurut Murti Sumarni dan John Soeprihanto (1995), manajemen merupakan suatu proses yang terdiri atas kegiatan-kegiatan
mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan
pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran
melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain.
K. Menurut James AF Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan,
dan pengawasan usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber
daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
L. Menurut Luther Gullick,
manajemen
adalah suatu ilmu (science).
M. Menurut Karthryn M. Bartol dan David C. Marten, manajemen adalah proses untuk mencapai
tujuan-tujuan organisasi dengan melakukan kegiatan-kegiatan dari empat fungsi
utama yaitu merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), memimpin
(leading), dan mengendalikan (controlling).
N. Tahapan-tahapan
organisasi bisnis :
1) Perencanaan,
2) Pengorganisasian
3) Pelaksanaan
4) Pengawasan,dan
5) Pengendalian
O. Tiga
factor yang mempengaruhi :
1) Adanya
penggunaan sumber daya organisasi,sumber daya manusia,sumberdaya alam,sumber
daya keuangan,serta informasi
2) Adanya
proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan.
3) Adanya
seni dalam menyelesaikan pekerjaan
P. Peran
manajemen dalam organisasi : efektif dan efisien. Menurut Peter F.Drucker, efektif
adalah mengerjakan pekerjaan yang benar (doing the right things),sedangkan efisien
adalah mengerjakan pekerjaan dengan benar ( doing things right).
Q. Fungsi-fungsi
manajemen menurut Nickels,McHugh and McHUgh (1997):
1) Perencanaan(planning),yaitu
proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecendrungan
di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk
mewujudkan target dan tujuan organisasi.
2) Pengorganisasian(organizing),yaitu
proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan
dalam perencanaan didisain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan
tangguh,system dan lingkungan organisasi yang kondusif,dan bisa membuktikan
bahwa semua pihak dalam organisasi bisa bekerja secara efektif dan efisien guna
pencapaian tujuan organisasi.
3) Pengarahan
dan pengimplementasian (directing), yaitu proses implementasi program agar bias
dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar
semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran
dan produktivitas yang tinggi.
4) Pengendalian
dan pengawasan (controlling), yaitu proses yang dilakukan untuk memastikan
seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, dan diimplementasikan bias
berjalan sesuai target.
R. Ernest
dale mengungkapkan bahwa inovasi
merupan salah satu fungsi manajemen.
S. Gullick
berpendapat bahwa koordinasi
merupakan fungsi yang harus dilakukan oleh orang-orang dalam organisasi.
T. Kegiatan-kegiatan
dalam fungsi manajemen:
Fungsi
perencanaan (planning)
1) Menetapkan
tujuan dan target bisnis
2) Merumuskan
strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tsb
3) Menentukan
sumber-sumber daya yang diperlukan
4) Menetapkan
standar/indicator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
Fungsi
pengorganisasian (organizing)
a) Mengalokasikan
sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang
diperlukan
b) Menetapkan
struktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
c) Kegiatan
perekrutan,penyeleksian,pelatiahan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga
kerja
d) Kegiatan
penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat
Fungsi
pengimplementasian (directing)
a) Mengimplementasikan
proses kepemimpinan,pembimbingan,dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja
agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
b) Memberikan
tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
c) Menjelaskan
kebijakan yang ditetapkan
Fungsi
pengawasan (controlling)
1) Mengevaluasi
keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indicator
yang telah ditetapkan
2) Mengambil
langkah klasifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin di temukan
3) Melakukan
berbagai alternative solusi atas masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan
dan target bisnis
Daftar
pustaka
Ernie Trisnawati
Sule,2010, Pengantar Manajemen,cetakan ke -5. PT Kencana Media Group,
Jakarta
0 comments:
Posting Komentar