Sabtu, 28 April 2012

Posted by Rivy at 21.52


MANAJER DALAM KEGIATAN MANAJEMEN
A.    Manajer adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung utuk memastikan kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi.
B.     Tugas manajer adalah untuk memastikan bahwa keseluruhan tujuan yang telah ditetapkan organisasi dapat diwtujudkan melalui rangkaian kegiatan manajemen,baik yang bersifat  fungsional maupun yang bersifat operasional.
C.     Keahlian-keahlian manajemen (managerial skills), yaitu :
1.      Keahlian teknis (tehnical skills), yaitu keahlian yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan spesifik tertentu,seperti mengoperasikan computer, mendesain bangunan, membuat layout perusahaan,dsb.
2.      Keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat ( huma relation skills), yaaitu keahlian dalam memahami dan melakukan interaksi dengan berbagai jenis orang di masyarakat. Contohnya, bernegosiasi, memotivasi, meyakinkan orang, dsb.
3.      Keahlian konseptual (conceptual skills), yaitu keahlian dalam berfikir secara abstrak, sistematis, termasuk di dalamnya mendiagnosa dan menganalisis berbagai masalah dalam situasi yang berbeda-beda, bahkan  keahlian untuk memprediksi di masa yang akan datang.
4.      Keahlian dalam pengambialan keputusan ( decision making skills ), yaitu keahlian untuk mengidentifikasi masalah sekaligus menawarkan berbagai alternative solusi atas permasalahan yang dihadapi.
5.      Keahlian dalam mengelola waktu (time management skills), yaitu keahlian dalam memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien.
6.      Keahlian dalam manajemen global (global management skills), yaitu keahlian manjerialyang tidak saja terfokus pada satu keadaan di Negara tertentu, akan tetepi juga lintas Negara bahkanlintas budaya.
7.      Keahlian dalam hal teknologi (technological skills), yaitu keahlian manajerial dalam mengikuti dan menguasai berbagai perkembangan teknoogi yang terjadi.
D.    Ada beberapa tingkatan manajemen sebagaimana dikemukan oleh Nickels, McHugh and McHugh (1997), yaitu :
1.      Manajemen tingkat puncak ( Top Management ), yang biasanya terdiri dari direktur utama, presiden direktur, atau wakil direktur. CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer). Keahlian yang diperlukan yaitu, konseptual, komunikasi, pengambialn keputusan, manajemen global, dan manajemen waktu.
2.      Manajemen tingkat menengah ( Middle Management ), yang biasanya terdiri dari para manajer, kepala divisi atau departemen, atau kepala cabang. Keahlian yang diperlukan yaitu, konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu, dan teknikal.
3.      Manajemen supervisi atau tingkat pertama ( Supervisory of First Line management ), yang biasanya terdiri dari para supervisi , ketua kelompok, dsb. Keahlian yang diperlukan yaitu, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu, dan teknikal.
4.      Manajemen non supervisi ( Non Supervisory Management ), yang biasanya terdiri dari para tenaga kerja tingkat bawah pada umumnya seperti buruh, pekerja bangunan, dll. Keahlian yang diperlukan yaitu, tehnikal, komunikasi, dan manajemen waktu.
E.     Manajemen sebagai seni dan sains
Manajemen adalah pengetahuan sekaligus juga pengalaman dalam praktik, ilmu manajemen memiliki sisi sebagai sains namun juga sebagai seni dalam menyelesaikan suatu pekerjaan

DAFTAR PUSTAKA
Ernie Trisnawati Sule,2010, Pengantar Manajemen,cetakan ke -5. PT Kencana Media Group, Jakarta
www.Wikipedia Bahasa Indonesia.com

0 comments:

Posting Komentar

 

BLUE BUTTERFLY Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting