MANAJER
DALAM KEGIATAN MANAJEMEN
A. Manajer
adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung utuk memastikan kegiatan
dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi.
B. Tugas
manajer adalah untuk memastikan bahwa keseluruhan tujuan yang telah ditetapkan
organisasi dapat diwtujudkan melalui rangkaian kegiatan manajemen,baik yang
bersifat fungsional maupun yang bersifat
operasional.
C. Keahlian-keahlian
manajemen (managerial skills), yaitu :
1. Keahlian
teknis (tehnical skills), yaitu keahlian yang diperlukan untuk melakukan
pekerjaan spesifik tertentu,seperti mengoperasikan computer, mendesain
bangunan, membuat layout perusahaan,dsb.
2. Keahlian
berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat ( huma relation skills),
yaaitu keahlian dalam memahami dan melakukan interaksi dengan berbagai jenis
orang di masyarakat. Contohnya, bernegosiasi, memotivasi, meyakinkan orang,
dsb.
3. Keahlian
konseptual (conceptual skills), yaitu keahlian dalam berfikir secara abstrak,
sistematis, termasuk di dalamnya mendiagnosa dan menganalisis berbagai masalah
dalam situasi yang berbeda-beda, bahkan
keahlian untuk memprediksi di masa yang akan datang.
4. Keahlian
dalam pengambialan keputusan ( decision making skills ), yaitu keahlian untuk
mengidentifikasi masalah sekaligus menawarkan berbagai alternative solusi atas
permasalahan yang dihadapi.
5. Keahlian
dalam mengelola waktu (time management skills), yaitu keahlian dalam
memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien.
6. Keahlian
dalam manajemen global (global management skills), yaitu keahlian manjerialyang
tidak saja terfokus pada satu keadaan di Negara tertentu, akan tetepi juga
lintas Negara bahkanlintas budaya.
7. Keahlian
dalam hal teknologi (technological skills), yaitu keahlian manajerial dalam
mengikuti dan menguasai berbagai perkembangan teknoogi yang terjadi.
D. Ada
beberapa tingkatan manajemen sebagaimana dikemukan oleh Nickels, McHugh and
McHugh (1997), yaitu :
1. Manajemen
tingkat puncak ( Top Management ), yang biasanya terdiri dari direktur utama,
presiden direktur, atau wakil direktur. CEO (Chief Executive Officer),
CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
Keahlian yang diperlukan yaitu, konseptual, komunikasi, pengambialn keputusan,
manajemen global, dan manajemen waktu.
2. Manajemen
tingkat menengah ( Middle Management ), yang biasanya terdiri dari para
manajer, kepala divisi atau departemen, atau kepala cabang. Keahlian yang
diperlukan yaitu, konseptual, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen
waktu, dan teknikal.
3. Manajemen
supervisi atau tingkat pertama ( Supervisory of First Line management ), yang
biasanya terdiri dari para supervisi , ketua kelompok, dsb. Keahlian yang
diperlukan yaitu, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu, dan
teknikal.
4. Manajemen
non supervisi ( Non Supervisory Management ), yang biasanya terdiri dari para
tenaga kerja tingkat bawah pada umumnya seperti buruh, pekerja bangunan, dll.
Keahlian yang diperlukan yaitu, tehnikal, komunikasi, dan manajemen waktu.
E. Manajemen
sebagai seni dan sains
Manajemen
adalah pengetahuan sekaligus juga pengalaman dalam praktik, ilmu manajemen
memiliki sisi sebagai sains namun juga sebagai seni dalam menyelesaikan suatu
pekerjaan
DAFTAR
PUSTAKA
Ernie
Trisnawati Sule,2010, Pengantar Manajemen,cetakan ke -5.
PT Kencana Media Group, Jakarta
www.Wikipedia
Bahasa Indonesia.com
0 comments:
Posting Komentar