1. A.
Dalam operasi jasa dapat diklarifikasikan menjadi jasa dengan system kontrak
tinggi ( high contract system ) dan system kotrak rendah ( low
contract system ). Jelaskan perbedaan dalam perencanaan lokasi dan perancanaan
tata ruang dari kedua system tersebut !
B. Setiap perusahaan
harus memiliki beberapa standar dan harus mencoba mempertahankan beberapa
tingkat kualitas dari jasa yang mereka hasilkan. Dalam pengendalian mutu jasa
dapat dengan pengendalian dari sisi permintaan dan penawaran. Jelaskan dan
berikan contoh cara pengendalian jasa dari kedua sisi tersebut !
2. Pada
jasa kontrak tinggi penjadwalan secara tepat sulit dilakukan, mengapa hal ini
dapat terjadi dan solusi apa yang dapat saudara berikan utuk mengurangi masalah
ini ?
3. A.
Salah satu karakteristik jasa adalah tidak dapat disimpan. Jelaskan
karakteristik ini dan berikan contoh !
B. Sifat jas ayang
tidak dapat disimpan berpotensi menciptakan suatu pemborosan, berikan solusi
utnuk mengurangi kerugian dari sifat jasa ini !
JAWABAN
1.
A. - High contract system ( system
kontrak tinngi )
Dalam jasa kontrak tinggi,perencanaan
lokasi lebih terbatas karena lokasi mereka harus dekat dengan konsumen. Hal ini
dikarenakan konsumen sangat berperan penting enjadi bagian dari system sewaktu
jasa diproduksi. Sedangkan dalam perencanaan tata ruang harus diatur untuk
memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Agar konsumen tidak merasa bosan dan
kecewa dengan pelayanannya. Selain itu, konsumen dan produsen juga dapat
berinteraksi secara laluasa dan nyaman.
-Low contract system ( system kontrak
rendah )
Dalam
jasa kontrak rendah, perncanaan lokasi terdapat beberapa pilihan yaitu dekat
dengan sumber pasokan, dekat dengan tenaga kerja atau dekat dengan sarana
transportasi. Hal ini dikarenakan konsumen tidak perlu menjadi bagian dari
system dalam menerima jasa. Sedangkan dalam perencanaan tata ruang, fasilitas
harus diatur untuk meningkatkan produksi jasa. Agar produktifitas dapat
tercapai secara efektif dan efesien.
B. – Pengendalian permintaan
Yaitu
menggunakan penetapan harga untuk mengalihkan permintaan ke periode tidak
sibuk. Jika permintaan kelebihan,sedangkan pelayanan tidak terpenuhi maka
kualiatas yang akan dihasilkan menurun. Contoh : pada musim liburan sekolah,
villa di puncak akan penuh dengan penyewa. Untuk menghindari permintaan yang
berlebihan, maka harga penyewaan dinaikan. Sedangkan dihari lainya, harga di
normalkan atau direndahkan. Agar permintaan menyewa villa tidak menumpuk dihari
yang sama.
-Pengendalian penawaran
Yaitu mengantisipasi dengan berbagai cara untuk mengelola
penawaran jasa yang tersedia. Hal ini disebabkan permintaan yang berlebihan
tidak lagi dapatdicegah, sehingga mengantisipasinya hanya dengan mengendalikan
penawaran. Contoh : pada hari natal,orang-orang sibuk berbelanja untuk
mencukupi kebutuhannya. Sehinnga, pihak supermarket kewalahan untuk melayani
pembeli. Untuk itu, mereka menggunakan karyawan paruh waktu untuk membantu
memenuhi permintaan yang bervariasi.
2.
Pada jasa kontrak tinggi, penjadwalan
secara tepat sulit dilakukan karena konsumen berperan penting dalam menjadi
bagian dari system dan harus ditempatkan. Karena pelayanan antara satu konsumen
dengan konsumen lainya sangat bervariasi tergantung kebutuhan. Seringkali
konsumen merasa jenuh ketika menunggu giliran saat menerima jasa. Untuk itu,
sediakanlah ruangan yang nyaman agar konsumen merasa betah saat menunggu.
Siapkan fasilitas yang lengkap, agar konsumen puas dengan pelayaannya. Kemudian
sediakanlah beberapa media hiburan,seperti tv,Koran,pemutar music,ataupun games
agar konsumen tidak bosan.
3.
A.
Jasa tidak dapat disimpan karena sifatnya yang tak berwujud dan tidak
dapat digunakan untuk jangka yang lama. Contoh : sebuah bus antar provinsi
bedaya tampung 50 tempat duduk. Kemudian hanya terisi 40 tempat duduk. Sisanya
tidak dapat digunakan lagi untuk hari berikutnya. Karena sifatnya yang tidak
tahan lama.
B. Sifat jasa yang tidak dapat disimpan
berpotensi menciptakan pemborosan, hal ini dapat diatasi dengan menyediakan
pelayanan reservasi bagi konsumen yang akan menggunakan jasa tersebut, seperti
hotel, penerbangan, kereta api, dll. Reservasi adalah system menjual kapasitas
sebelum waktunya.
0 comments:
Posting Komentar